Minggu, 28 November 2010

koprasi sangat penting

Koperasi, Penting Sekali

Zainab, Pembina Kopsis SMKN 4 Malang
Pembina Koperasi SMKN 4 Malang, , mengatakan keberadaan koperasi sekolah di masing-masing sekolah sangat penting. Salah satu tujuannya adalah memermudah kebutuhan siswa di bidang pendidikan. ”Di samping itu siswa-siswi yang sudah dipilih menjadi anggota koperasi bisa belajar berwirausaha, membina kepribadian dan melatih siswa-siswi untuk bersikap jujur,” kata perempuan ramah ini.
Nah, biasanya, siswa-siswi yang sudah menjadi anggota koperasi dan yang sudah begitu banyak membantu setiap harinya untuk ikut menjaga koperasi setiap tahun mereka mendapatkan SHU atau Sisa Hasil Usaha. ”Satu lagi fungsi koperasi siswa, yaitu bertujuan siswa-siswi menjaga koperasi sekolah adalah bukan untuk materi, tetapi untuk belajar,”kataZainab.
Zainab mengatakan, pemberian SHU ini bukan karena semata-mata setiap tahun sekolah memberikan SHU tetapi lebih pada proses sama-sama belajar bagaimana untuk berwirausaha dengan baik. Umumnya, pengarahan seputar koperasi dilaksanakan oleh pembina koperasi itu sendiri dan biasanya diklatnya berupa pengajaran seputar koperasi.
”Pesan saya bagi koperasi koperasi sekolah yang berada di sekolah lain, jangan terlalu banyak meletakkan barang di etalase. Memungkinkan untuk berantisipasi agar siswa-siswi tidak sembarangan mengambil barang seenaknya saja,” kata Zainab. .rin-KP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar